Dari seorang teman saya baru tahu ada tempat cari duit yang lumayan ‘basah’ untuk mahasiswa ilkom yang sedang nganggur, butuh pemasukan tambahan atau yang sedang cari-cari proyek IT khususnya dalam bidang sistem informasi. Ya ang pasti ini bukan MLM, apalagi moneygame, atau hal-hal tidak jelas lain yang menawarkan uang cepat lewat internet. Yang pasti ini kerja betulan. Cari proyek, kerjakan, client puas, you get paid!

Coba buka scriptlance.com. Ini tempatnya para freelancer tukang script alias programmer. Di scriptlance ini user bisa memiliki 2 peran, project owner dan freelancer. Setiap harinya puluhan proyek baru dipajang di sini dan ribuan freelancer haus uang pun berebut proyek setiap harinya. Proyeknya beragam, mulai dari membangun website, memperbaiki website, membuat aplikasi, input data, dll. Tingkat kesulitannya pun beragam, ada yang sederhana, seperti mengutak-atik CMS, input data, scripting PHP, biasanya dipajang harga 100$ – 500$ untuk yang seperti ini, ada juga yang tingkat advanced, membuat web full-featured, membuat sistem keamanan, server programming, dll, yang ini bisa dihargai sampai 1000$ atau lebih.

Dari setiap proyek yang di pajang oleh project owner, para freelancer script dipersilahkan memberikan penawaran semenarik mungkin. Setiap bidder (penawar ) dipersilahkan menetukan sendiri bayarannya, deadline-nya dan memberikan portofolio-nya. Tentunya project owner akan memilih programmer yang mau dibayar paling murah, paling cepat kerjanya, dan memiliki review yang bagus. Freelancer yang sudah banyak menyelesaikan proyek di scriptlance akan mendapat banyak review. Saat seorang freelancer dipilih, ia dapat berkomunikasi langung dengan project-owner melalui forum PMB atau Instant Messengger untuk teknis pengerjaannya. Bila proyek selesai dikerjakan, the pay day, kita bisa memilih dilakukan dengan e-gold atau paypal.

Untuk yang tidak bisa programming, jangan khawatir, karena di scriptlance tersedia juga proyek-proyek non-programmming seperti writing, data input, marketing, dll. Writing Project misalnya, biasanya untuk proyek ini hanya diminta untuk menulis artikel tematik untuk sebuah website atau materi presentasi. Proyek seperti ini biasanya di bandrol 10$ – 50$.

So, ini cara mudah bekerja lewat internet yang Insya Allah halal secara umum. Mungkin yang agak sulit, di scriptlance semua orang berkomunikasi dengan bahasa inggris. Kalau tidak bisa, salah-salah nanti kita tidak paham apa yang diinginkan client dan kesepakatan tidak akan tercapai.

Untuk dapat bergabung dengan scriptlance, bisa dengan menjadi free member atau juga bisa menjadi gold member yang tentunya memiliki beberapa fasilitas tambahan. Selain itu, gold member juga akan terlihat lebih prof di mata client. Selamat bekerja…