Ketahuilah bahwa orang-orang yang mendapati dahsyatnya hari Kiamat adalah generasi terburuk dari umat manusia. Dari Abdullah bin Amr bin Al Ash, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

لا تقوم الساعة إلا على شرار الخلق

“Tidak akan terjadi kiamat kecuali pada generasi terburuk dari manusia” (HR. Muslim no. 2949).

Yang ketika itu orang-orang tersebut sudah tidak kenal lagi dengan ajaran-ajaran Islam kecuali kalimat “Laa ilaaha illallah” itu pun mereka anggap hanya sekedar ucapan tanpa paham maknanya. Dari Hudzaifah bin Al Yaman, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

يدرس الإسلام كما يدرس وشي الثوب لا يدري ما صيام ولا صدقة ولا نسك ويسري على كتاب الله عز وجل في ليلةٍ فلا يبقى في الأرض منه آية ويبقى طوائف من الناس الشيخ الكبير والعجوز الكبيرة يقولون: أدركنا آباءنا على هذه الكلمة لا إله إلا الله فنحن نقولها

“Islam akan sirna sebagaimana lunturnya warna pakaian yang usang. Hingga orang Islam tidak tahu lagi apa itu puasa, tidak tahu apa itu sedekah (zakat) dan tidak tahu apa itu qurban. Dan hilanglah Al-Qur’an pada suatu malam hingga tidak tersisa satu pun ayat darinya di muka bumi. Dan orang-orang Islam yang tersisa ketika itu adalah orang yang telah tua dan lemah yang mereka mengatakan: ‘Kami mendapati dahulu bapak-bapak kami pernah mengatakan kalimat ‘Laa ilaha illallaah’, maka kami pun mengatakannya juga” (HR. Ibnu Majah no. 4049, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

Inilah pentingnya kita belajar tauhid dan memahami makna “Laa ilaaha illallah” agar kita tidak menjadi generasi terburuk yang mendapati ngerinya hari Kiamat.

Ketika itu juga sudah tidak ada lagi orang yang berhaji ke Baitullah. Dari Abu Sa’id Al Khudriy, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

لا تقوم الساعة حتى لا يحج البيت

“Tidak akan terjadi kiamat hingga tidak ada orang yang berhaji lagi ke Baitullah” (HR. Ibnu Hibban [15/151], Al Hakim [4/500], dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah no. 2430).

Ini juga menunjukkan pentingnya untuk terus memotivasi diri kita agar berangkat haji ke Baitullah dan juga melakukan ibadah-ibadah lainnya, agar kita tidak menjadi generasi terburuk tersebut.

Semoga Allah Ta’ala memberi kita hidayah dan taufik, serta melindungi kita agar kita tidak termasuk dalam orang-orang tersebut yang mendapati ngerinya hari kiamat.

Maka teruslah bersemangat hidupkan Islam, sebarkan ajaran-ajaran Islam yang sesuai dengan Al Qur’an dan As Sunnah, jangan sampai umat ini menjadi orang-orang yang tidak kenal kepada ajaran Islam.