Setelah memperhatikan beberapa jama’ah umroh yang ada, ternyata banyak yang tidak didampingi ustadz pembimbing. Hanya didampingi seorang yang disebut Tour Leader (TL). Yang ia bukan orang yang berilmu namun sudah berpengalaman umroh saja.

Umroh seperti ini sangat berbahaya, karena:

  1. Umroh itu ibadah dan ibadah itu wajib dilandasi ilmu, bukan sekedar pengalaman
  2. Banyak kasus-kasus fikih yang pelik seputar umroh, yang hanya diketahui oleh orang yang berilmu
  3. Juga masalah seputar safar, thaharah, shalat, pergaulan, dan lainnya yang ini merupakan bagian dari umroh. Jadi sekali perjalanan umroh, banyak bab ilmu yang mesti diketahui
  4. Bisa terjerumus dalam kesalahan-kesalahan dalam ibadah bahkan kesalahan yang bisa membuat umroh menjadi tidak sah atau tidak sempurna
  5. Jama’ah melakukan praktek kesyirikan di beberapa situs bersejarah dan tidak ada yang mengingatkan atau mengingkari. Padahal kesyirikan adalah pembatal pahala amalan-amalan shalih.
  6. Jama’ah yang awalnya tidak berniat melakukan kesyirikan jadi tergoda ingin ikut-ikutan karena melihat jama’ah rombongan lain, karena tidak ada yang mewanti-wanti
  7. Banyak yang dalam proses ibadah umroh seperti main-main, tertawa-tawa dan tidak khusyuk, karena tidak diingatkan.
  8. Jama’ah melakukan maksiat di tanah haram, seperti merokok, mendengarkan musik, pacaran, wanita membuka jilbab, tidak shalat, dan lainnya. Padahal maksiat di tanah haram lebih berlipat dosanya.
  9. Jama’ah juga terjerumus kepada kebid’ahan-kebid’ahan baik dalam ibadah umrohnya atau pada aktifitas-aktifitas lainnya di luar itu. Dan melakukan kebid’ahan di tanah haram juga lebih fatal dari pada di luar tanah haram.
  10. Perjalanan jadi kurang berfaedah dan lebih banyak jalan-jalan dan hura-hura. Karena minimnya nasehat-nasehat dan faedah ilmu yang diberikan, lebih banyak wisata dan aktivitas yang kurang bermanfaat.

Maka silahkan berumroh dengan travel manapun, yang murah silakan yang mahal juga silakan, namun kami sarankan cari travel yang perjalanannya dibimbing oleh para ustadz dan da’i sunnah.

Semoga Allah memberi taufik.

Yulian Purnama
Partner BATIK – Hajj, Umrah and Trading