Pertanyaan:

Seorang suami berkata kepada istrinya bahwa ia akan menceraikannya kalau melakukan suatu perbuatan tertentu. Lalu ternyata istrinya berbuat durhaka dan melakukan apa yang dilarang tersebut. Maka apa yang dilakukan? Apakah ini tergolong sumpah yang ada keharusan untuk membayar kafarah atau bagaimana?

Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah menjawab:

Jika seorang suami mengatakan kepada istrinya: “kamu saya ceraikan jika melakukan perbuatan ini dan itu”, maka ada 2 keadaan:

Pertama, perkataan tersebut benar-benar dimaksudkan untuk menjatuhkan talak jika sang istri melakukan perbuatan yang disebutkan. Maka yang semisal ini sudah jatuh talak. Jika sebelumnya sudah terjadi 2 kali talak, maka ini menjadi talak ba’in (talak 3). Namun jika sebelumnya belum terjadi 2 kali talak maka ini terhitung satu talak. Maka jika ia mengatakan: “kamu saya talak jika kamu bicara pada si Fulan”, atau “kamu saya talak jika tidak melakukan perbuatan A”, atau “kamu saya talak jika mengunjungi si Fulan”, atau yang semisal itu, dan benar-benar niatnya untuk menjatuhkan talak jika sang istri melakukannya, maka jatuh satu talak.

Kedua, adapun jika maksudnya sekedar melarang sang istri atau mengancamnya namun tidak benar-benar bermaksud menceraikannya, namun sekedar melarangnya untuk melakukan suatu perbuatan dengan mengatakan: “kamu saya talak jika berbicara dengan si Fulan atau jika masuk ke rumah si Fulan” atau yang semisalnya, yang maksudnya adalah untuk melarang dan mengancam, tidak diniatkan untuk menjatuhkan talak atau untuk bercerai dengannya, maka ini dianggap sebagai yamin (sumpah). Hukumnya sebagaimana hukum yamin (sumpah) menurut pendapat yang rajih dari dua pendapat ulama. Sehingga wajib bagi suami untuk membayar kafarah yamin, yaitu memberi makan 10 orang miskin atau memberikan pakaian. Setiap mereka diberi makanan setengah sha’ berupa kurman atau beras atau yang sesuai dengan makanan pokok negerinya. Sebanyak setengah sha’, atau sekitar 1,5 kg. Intinya untuk kasus ini berlaku kafarah yamin.

***

Sumber: http://bit.ly/2xguu8k

Advertisements