Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin

Saya rasa tidak ada salahnya jika kita katakan bahwa perbaikan separuh masyarakat atau bahkan lebih, bergantung pada peran wanita. Hal ini dikarenakan dua sebab:

  1. Karena jumlah wanita yang setara dengan laki-laki bahkan terkadang melebihi jumlah laki-laki, yakni kebanyakan dari keturunan Adam adalah wanita sebagaimana yang ditunjukkan di dalam hadits-hadits Nabi. Akan tetapi hal ini berbeda-beda antara negeri satu dengan negeri yang lain dan antara zaman yang satu dengan zaman yang lain. Terkadang jumlah wanita di suatu negeri lebih banyak ketimbang jumlah laki-laki. Dan terkadang hal sebaliknya terjadi di negeri yang lain. Sebagaimana terkadang jumlah wanita di suatu zaman lebih banyak dibandingkan jumlah laki-laki. Dan terkadang hal sebaliknya terjadi di zaman yang lain. Ringkasnya, wanita memiliki peran yang sangat besar dalam perbaikan suatu masyarakat
  2. Pertumbuhan generasi awal calon para penerus berada di bawah asuhan para wanita. Dengan demikian jelaslah pentingnya peran seorang wanita dalam perbaikan masyarakat.

Bekal Wanita Dalam Memperbaiki Masyarakat

Agar seorang wanita mampu merekonstruksi masyarakat, maka ia harus memiliki keahlian dan bekal untuk menegakkan perbaikan tersebut. Di bawah ini adalah uraian singkat dari sebagian bekal tersebut.

***

Simak nasehat beliau di e-book berikut:

[Download]