Pertanyaan:

Fadhilatus Syaikh, kami paham bagaimana memperbaiki zahir kami, namun bagaimana cara memperbaiki batin (hati) kami?

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin menjawab:

Masing-masing orang paling mengetahui bagaimana cara memperbaiki batinnya. Namun diantara cara memperbaiki batin adalah: hendaknya seseorang itu senantiasa merasa bersama Allah, memperbanyak dzikir dan istighfar. Ketika hendak bermaksiat hendaknya ia takut kepada Allah, dan ketika berbuat ketaatan ia sangat mengharap rahmat Allah.

Intinya, hendaknya ia kaitkan hatinya kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Bukan kepada dunia atau perhiasan-perhiasan dunia, kelezatan-kelezatan dunia, atau syahwat-syahwat dunia. Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ * قُلْ أَؤُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرٍ مِنْ ذَلِكُمْ لِلَّذِينَ اتَّقَوْا عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَأَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ وَرِضْوَانٌ مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). Katakanlah: “Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?” Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) istri-istri yang disucikan serta keridaan Allah: Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya” (QS. Al Imran: 14-15).

***

Sumber: Durusul Haram Al Madani, 1/16

Iklan