Pertanyaan:

Apa hukum seseorang mengatakan kepada sesama Muslim: “tolong doakan saya ya”?

Syaikh Abdullah bin Jibrin menjawab:

Hal itu tidak mengapa. Terlebih lagi jika yang diminta doanya adalah orang yang shalih. Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam pernah berwasiat kepada para sahabatnya untuk minta kepada Uwais Al Qarni agar ia mendoakan ampunan bagi mereka. Padahal Uwais Al Qarni lebih ada di bawah para sahabat Nabi dari sisi keutamaannya.

Dan juga terdapat hadits:

ما من مسلم يدعو لأخيه بظهر الغيب إلا وملك يقول آمين، ولك بمثل

Tidaklah seorang Muslim yang mendoakan saudaranya sesama Muslim tanpa sepengatahuannya, kecuali Malaikat akan menjawab: ‘Amiin, dan bagimu juga ganjaran yang semisal’” (HR. Muslim, no. 2732).

Karena doa adalah amalan yang paling utama, dan sangat besar potensi ijabahnya jika dari seorang hamba yang shalih. Allah Ta’ala menceritakan dalam Al Qur’an bahwa Nuh meminta ampunan bagi kedua orang tuanya dan bagi orang-orang yang masuk ke rumahnya dalam keadaan beriman, dan juga bagi kaum Mu’minin dan Mu’minat seluruhnya. Dan Allah juga melarang kita untuk mendoakan ampunan bagi orang-orang Musyrik. Dan faidah dari semua ini adalah adanya keutamaan memintakan ampunan bagi orang-orang Mu’min.

Sumber: http://islamport.com/w/ftw/Web/2282/415.htm

Iklan