Pertanyaan:

Dulu ada sekelompok orang di tempat saya yang bersekongkol untuk menzhalimi saya. Namun sekarang, walhamdulillah, Allah meneguhkan saya untuk memaafkan mereka, karena saya tahu sesungguhnya kezhaliman yang terjadi itu sesungguhnya adalah takdir Allah. Tolong nasehatkan kepada saya bagaimana cara terbaik untuk memaafkan mereka? Jazaakumullahu Khayr.

Syaikh Abdul ‘Aziz bin Baaz  menjawab:

Jika mereka memang telah menzhalimi anda dan anda memaafkan mereka, maka anda akan mendapatkan pahala. Dan anda akan mendapatkan kebaikan serta keutamaan yang besar. Karena Allah Jalla Wa ‘Ala berfirman:

وَأَن تَعْفُواْ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى

Jika engkau memaafkan, itu lebih dekat kepada taqwa” (QS. Al Baqarah: 237)

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam juga bersabda:

ما زاد الله عبداً بعفو إلا عزاً

Tidaklah Allah menambahkan sesuatu kepada orang yang memaafkan kecuali kemuliaan

Allah Ta’ala juga berfirman:

فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ

Barangsiapa yang memaafkan dan mendamaikan maka pahalanya dari Allah” (QS. Asy Syuura:40)

Jika mereka meng-ghibahi anda, mengambil harta anda atau mencela anda, lalu anda memaafkan mereka. Maka anda mendapatkan pahala. Jazaakumullahu Khayr.

(Penanya berkata), “Lalu bagaimana caranya memaafkan?”

Caranya yaitu dengan mengabarkan mereka menggunakan cara apapun yang bisa menyampaikan maksud anda. Kabarkan mereka bahwa anda memaafkan mereka dan tidak menuntut suatu apapun, jika memang mereka telah berbuat zhalim sebagaimana engkau katakan. Andai anda tidak mengabarkannya pun tidak mengapa. Tekad anda untuk memaafkan akan mendapat ganjaran dari Allah. Jika mereka berbuat zhalim, dengan mengambil harta, atau memukul, atau mencela atau semisalnya, lalu anda memaafkan mereka maka anda akan mendapat ganjaran dari Allah Subhaanahu Wa Ta’ala.

Sumber: http://www.binbaz.org.sa/mat/9146