Pertanyaan:
Kitab pelajaran aqidah apa yang terbaik setelah Al Qur’an?

Syaikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali –hafizhahullah– menjawab:
Kitab yang paling shahih setelah Al Qur’an adalah Shahih Al Bukhari, setelah itu Shahih Muslim. Kemudian kitab-kitab pelajaran aqidah yang semuanya sebanding. Saya hanya akan katakan kitab ini baik, kitab itu baik. Saya tidak akan katakan kitab ini lebih afdhal dari itu. Karena mungkin kitab itu lebih luas pembahasannya dari kitab ini.

Kitab aqidah salafiyyah semuanya baik dan bermanfaat. Dan sebaiknya anda menunjukkan kitab-kitab aqidah kepada masyarakat yang dapat memperbaiki mereka dan sesuai dengan keadaan dan pemahaman mereka. Terkadang masyarakat jika diberikan kitab yang penuh dengan dalil-dalil, mereka tidak bisa mengambil banyak manfaat. Sebaiknya anda sampaikan yang mereka dapat mengambil manfaat serta dipahami oleh mereka.

Karena seorang yang rabbani adalah pendidik yang mengajar masyarakat dengan memulai dari yang paling mudah kemudian yang mudah, dst. Seorang yang rabbani adalah yang mendidik dengan bertahap, sedikit-demi-sedikit. Nah, para salaf memperhatikan hal ini, sehingga mereka membuat matan-matan aqidah yang mudah agar masyarakat dapat bertahap dalam mempelajarinya. Jika sudah memahami yang mudah tersebut, mereka dapat berpindah kepada tahap selanjutnya.

Sumber: http://www.rabee.net/show_fatwa.aspx?id=173