Simaklah bimbingan praktek akhlak mulia dari Asy Syaikh Al Allamah Abdul ‘Aziz Bin Baaz Rahimahullah, yaitu hendaknya seseorang memberi salam kepada jama’ah masjid ketika memasuki masjid, sebelum melakukan shalat. Tidak sebagaimana sebagian kita, dan mungkin juga saya, masuk ke masjid tanpa menghiraukan orang lain langsung menuju ke shaf depan seakan tidak mengenal siapa-siapa dan terkesan angkuh, semoga Allah memberi petunjuk kepada kita semua.

Teks fatwa:

هل يجوز السلام على الجالسين في المسجد قبل تحية المسجد؟

Bolehkah memberikan salam kepada orang-orang yang sudah berada di masjid sebelum shalat tahiyyatul masjid?

نعم، إذا دخل وأتى الصف يقول: السلام عليكم، قبل أن يبدأ بالصلاة، السلام عليكم على الحاضرين ولو كان يصلي والمصلي يرد بالإشارة، يشير بيده كالمصافح، يرد الإشارة كما فعله النبي -صلى الله عليه وسلم-، ثم يكبر بتحية المسجد، يصلي تحية المسجد

Syaikh Ibnu Baaz Rahimahullah menjawab:

Ya, boleh. Jika seseorang memasuki masjid, lalu berjalan menuju shaf, hendaknya ia mengucapkan ‘Assalamu’alaikum‘, sebelum ia memulai shalat. Hendaknya ia mengucapkan salam kepada orang-orang yang ada di masjid walau diantara mereka ada yang sedang shalat. Orang yang sedang shalat dapat membalas dengan isyarat, yaitu dengan memberi lambaian tangan seperti bersalaman. Sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Setelah itu orang tadi baru mengerjakan shalat tahiyyatul masjid.

Sumber: http://www.binbaz.org.sa/mat/9366