Apa hukum lelaki memakai cincin, khususnya cincin emas?

Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan –hafizhahullah– menjawab :
Lelaki memakai cincin emas hukumnya haram. Karena Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda tentang emas:
أحل الذهب والحرير لإناث أمتي، وحرم على ذكورها
Emas dan sutra dihalalkan bagi umatku yang wanita, namun haram bagi lelakinya” (HR. Ahmad 392, 393/4, An Nasa-i 161/8, hadits dari Abu Musa Radhiallahu’anhu)

Selain itu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bertemu seorang lelaki yang memakai cincin emas ditangannya. Beliau mencabut cincin tersebut lalu melemparnya, kemudian bersabda:
يعمد أحدكم إلى جمرة من نار فيضعها في يده
Seseorang dari kalian telah sengaja mengambil bara api neraka dengan meletakkan di tangannya” (HR. Muslim, 1655/3 dari hadits Abdullah bin ‘Abbas Radhiallahu’anhuma)

Oleh karena itu, lelaki diharamkan memakai cincin emas. Sedangkan cincin perak, atau logam semacamnya, walaupun sama-sama logam mulia, hukumnya boleh memakainya karena yang diharamkan adalah emas. Dan tidak boleh pula memakai cincin dari campuran emas, tidak boleh memakai kacamata, pena, jam tangan yang ada campuran emas-nya. Intinya, lelaki tidak diperbolehkan berhias dengan emas secara mutlak.

Namun menambal gigi dengan gigi emas diperbolehkan bila kebutuhan. Demikian juga menjadikan hidung palsu dari emas jika hidungnya patah, ini dibolehkan. Wallahu’alam. (Muntaqa Al Fauzan, jilid 5 fatwa no. 450)