Pertanyaan:
Apakah jin yang beriman akan masuk surga? Jika memang benar bahwa jin itu diciptakan dari api, lalu bagaimana mungkin jin yang kafir dapat diadzab di neraka?

Syaikh Dr. Abdullah bin Jibrin Rahimahullah* menjawab:
Tidak diragukan lagi bahwa jin yang beriman akan mendapatkan ganjaran yang baik di akhirat yang sesuai bagi mereka. Dan tidak ragu lagi bahwa jin yang kafir akan dihukum. Sebagaimana firman Allah Ta’ala ketika menceritakan tentang jin:

وأنا مِنَّا المسلمون ومنَّا القاسطون فمن أسلم فأولئك تحروا رشدا. وأما القاسطون فكانوا لجهنم حطبا

Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang taat dan ada (pula) orang-orang yang menyimpang dari kebenaran. Barangsiapa yang yang taat, maka mereka itu benar-benar telah memilih jalan yang lurus. Adapun orang-orang yang menyimpang dari kebenaran, maka mereka menjadi kayu api bagi neraka Jahannam” (QS. Al Jin: 14-15)

Adapun mengenai keadaan mereka yang tercipta dari api, hal ini tidak menghalangi adzab neraka. Karena api neraka 70 kali lebih panas dari api di dunia. Dan sangat dimungkin juga terdapat api khusus untuk mereka di neraka. Intinya, keadaan di akhirat berbeda dengan keadaan di dunia. Silakan merujuk pada Majmu’ Fatawa Ibnu Taimiyah untuk penjelasan tambahan.

(Diterjemahkan oleh Yulian Purnama dari Fatawa Asy Syaikh Ibnu Jibrin, 18/2, Asy Syamilah)

*) Beliau adalah salah seorang ulama zaman ini. Beliau pernah menjadi anggota Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Wal Ifta (Komisi Tetap Bidang Penelitian dan Fatwa, Saudi Arabia). Beliau berguru pada ulama-ulama besar Islam semisal Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh, Syaikh Muhammad bin Ismail Al Anshari, dan Syaikh Abdul Aziz Bin Baaz Rahimahumullah. Beliau telah wafat tahun lalu, bertepatan dengan 20 Rajab 1430 H, semoga Allah merahmati beliau.