Bagi para pemasar internet, atau dengan istilah lainnya internet marketer, atau bagi para blogger yang ingin blognya banyak di akses orang, atau setiap netter yang sedang mempromosikan sesuatu, peran search engine sangatlah besar. Sebagian besar pengunjung sebuah website bisa jadi bisa ‘nyangkut’ ke web tersebut karena jasa search engine. Namun agar bisa dicari oleh search engine website kita harus terdaftar pada search engine.

Nah, agar website kita terdaftar pada search engine, ada beberapa cara. Cara yang paling mudah adalah dengan mendaftarkan diri secara manual. Misalnya, untuk search engine Google, pendaftaran dilakukan pada alamat http://google.com/addurl. Dan setiap search engine memiliki alamat dan cara yang berbeda untuk pendaftaran. Karena jumlah search engine itu banyak, ratusan mungkin, kita perlu bantuan dalam hal ini. Bantuan bisa kita dapatkan di website-website penyedia layanan pendaftaran ke beberapa search engine sekaligus. Sebagian besar layanan ini berbayar, namun masih ada yang gratisan misalnya:

Namun banyak praktisi SEO yang tidak menyarankan cara pertama ini. Konon pendaftaran ke search engine secara manual seperti ini membutuhkan waktu lama sampai website kita ter-index di hasil pencarian search engine, sekitar 4 sampai 6 minggu.

Cara lain yang lebih disarankan adalah dengan linkback. Yaitu kita berusaha mencari website yang memiliki page rank tinggi, kemudian mengusahakan agar web tersebut memasang link ke website kita. Bisa dengan menghubungi pemiliknya lewat email atau memberi komentar yang persuasif atau dengan cara lain. Semakin tinggi page rank dan semakin banyak website yang memasang link ke website kita, maka semakin cepat pula website kita terdaftar di search engine. Jika dapat mengusahakan sebuah website ber-page rank 6 untuk memasang link ke website kita, dalam waktu kurang dari 24 jam website kita akan terdaftar ke search engine!

Namun masalahnya, website dengan page rank tinggi adalah website-website besar dan terkenal yang biasanya tidak sembarang memasang link. Misalnya detik.com. Memasang link di sana mungkin berharga jutaan rupiah. Maka ada cara lain, yaitu dengan membeli link dari website ber-page rank tinggi. Kunjungilah website penyedia layanan penjualan link, misalnya:

Selamat mencoba!