Bagi para penjelajah dunia maya wajib tahu tentang RSS. Teknologi RSS memungkinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Salah satunya situs lowongan pekerjaan yang tentunya selalu terupdate setiap hari dengan info-info lowongan pekerjaan terbaru.

Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul atau RSS Reader. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya. Dengan menggunakan RSS Reader ini kita bisa membaca info dari beberapa situs sekaligus dalam 1 halaman saja. Dengan teknologi ini, kita bisa menggunakannya untuk menjaring info lowongan pekerjaan dari beberapa situs lowongan pekerjaan dengan lebih mudah dan selalu terupdate setiap hari.

Salah satu layanan RSS Feed gratisan adalah Google Reader. Saya suka layanan google karena khas dengan tampilan sederhana, AJAX dan fiturnya yang banyak. Juga pada Google Reader ini. Silakan login dengan account google anda pada alamat http://google.com/reader. Klik pada tulisan “Add Subscription” dan masukan alamat link RSS situs lowongan pekerjaan yang ingin dicari infonya. Misalnya untuk situs http://datakarir.com memiliki alamat RSS http://www.datakarir.com/rss.xml (anda dapat melihat di situsnya). Atau cara yang lebih mudah, akses situs http://datakarir.com dan klik gambar Google Reader Lowongan Pekerjaan yang akan mendaftarkan situs tersebut dalam list Google Reader anda. Lakukan hal serupa untuk situs lowongan pekerjaan yang lain. Hasilnya, info lowongan pekerjaan terupdate bagi anda setiap hari.

Hebatnya, info yang anda dapatkan dari beberapa situs tersebut secara otomatis disortir oleh Google Reader sehingga info yang muncul paling atas adalah info pekerjaan yang paling segar dan baru. Tentunya hal ini sangat berarti bagi para job-seeker. Selain itu anda juga bisa memberi rate pada setiap info untuk penanda dan bahan pertimbangan pilihan pekerjaan anda. Jika ingin mengabarkan info lowongan kerja pada teman, dengan meng-klik tombol “email” kita dapat mengirimkannya dengan account Google Mail yang kita miliki.

Pemanfaatan teknologi RSS ini tidak hanya untuk info lowongan pekerjaan saja, namun untuksemua info yang ada di internet. Setiap situs apa saja yang menyediakan RSS Feed dapat kita jaring infonya dengan Google Reader. Misalnya saya, juga lebih suka membaca berita terbaru dan fatwa-fatwa ulama saudi terbaru melalui Google Reader saya.