Hadits-Hadits Tentang Zina


Hadits 1

لا يحل دم امرئ مسلم ، يشهد أن لا إله إلا الله وأني رسول الله ، إلا بإحدى ثلاث : النفس بالنفس ، والثيب الزاني ، والمفارق لدينه التارك للجماعة

Seorang muslim yang bersyahadat tidak halal dibunuh, kecuali tiga jenis orang: ‘Pembunuh, orang yang sudah menikah lalu berzina, dan orang yang keluar dari Islam‘” (HR. Bukhari no. 6378, Muslim no. 1676)

Catatan: Para ulama menjelaskan bahwa hak membunuh tiga jenis orang di sini tidak terdapat pada semua orang.

Hadits 2

إن من أشراط الساعة : أن يرفع العلم ويثبت الجهل ، ويشرب الخمر ، ويظهر الزنا

“Tanda-tanda datangnya kiamat diantaranya: Ilmu agama mulai hilang, dan kebodohan terhadap agama merajalela, banyak orang minum khamr, dan banyak orang yang berzina terang-terangan” (HR. Bukhari no.80)

Hadits 3

ان رجلا من أسلم ، جاء النبي صلى الله عليه وسلم فاعترف بالزنا ، فأعرض عنه النبي صلى الله عليه وسلم حتى شهد على نفسه أربع مرات ، قال له النبي صلى الله عليه وسلم : ( أبك جنون) . قال : لا ، قال : ( آحصنت ) . قال : نعم ، فأمر به فرجم بالمصلى ، فلما أذلقته الحجارة فر ، فأدرك فرجم حتى مات . فقال له النبي صلى الله عليه وسلم خيرا ، وصلى عليه

Ada seorang lelaki, yang sudah masuk Islam, datang kepada Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam mengakui dirinya berbuat zina. Nabi berpaling darinya hingga lelaki tersebut mengaku sampai 4 kali. Kemudian beliau bertanya: ‘Apakah engkau gila?’. Ia menjawab: ‘Tidak’. Kemudian beliau bertanya lagi: ‘Apakah engkau pernah menikah?’. Ia menjawab: ‘Ya’. Kemudian beliau memerintah agar lelaki tersebut dirajam di lapangan. Ketika batu dilemparkan kepadanya, ia pun lari. Ia dikejar dan terus dirajam hingga mati. Kemudian Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam mengatakan hal yang baik tentangnya. Kemudian menshalatinya” (HR. Bukhari no. 6820)

Hadits 4

لا يزني الزاني حين يزني وهو مؤمن

Pezina tidak dikatakan mu’min ketika ia berzina” (HR. Bukhari no. 2475, Muslim no.57)

Hadits 5

تغريب الزاني سنة

Mengasingkan pezina itu sunnah” (HR. Ibnu Hazm dalam Al Muhalla, 8/349)

Hadits 6

قال أبو هريرة : الإيمان نزه فمن زنا فارقه الإيمان ، فمن لام نفسه وراجع راجعه الإيمان

Abu Hurairah berkata: “‘Iman itu suci. Orang yang berzina, iman meninggalkannya. Jika ia menyesal dan bertaubat, imannya kembali‘” (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Syu’abul Iman, di-shahihkan Al Albani dalam Takhrij Al Iman, 16)

About these ads

20 responses to “Hadits-Hadits Tentang Zina

  1. tulisan arab nya kenapa gak pake seperti fathah dll?? Sya kesulitan membacanya. :D :D. Jazakumullah khairon katsiron ilmunya…

    • alhamdulillah,,,ya Allah
      Jika ada yang sudah pernah berzina, mintalah Ampun dan Cepat2 bertobat yang sebenar2nya,,,
      dan lakukanlah hukumannya didunia daripada nnti diakhirat lebih pedas

  2. Ping-balik: JANGAN DEKATI ZINA! | moslemkalijati·

    • Hukumannya di cambuk 100 kali oleh pihak berwenang. Namun karena pihak berwenang di negara kita tidak menerapkan hukuman ini, maka satu-satunya jalan hanya dengan bertaubat nasuha.

  3. Maaf, dr bbrp artikel yg saya baca, sama skali tdk ada dalil ato hadits apapun yg mnyebutkan laki-laki yg telah menzina wajib bertanggung jawab pada wanita yg dizinai. Smuanya berkata TIDAK WAJIB! Saya adlh wanita bodoh dan hina krn telah dizinai dan pernah hamil (tapi keguguran), skrg saya sudah melakukan taubat dan menuntut untuk dinikahi tapi sang pria lebih memilih keluarganya yg enggan menerima kehadiran saya sedari awal hubungan kami. Apakah tdk ada hadits yg bs menolong saya agar saya BERHAK dinikahi?? Saya sgt depresi, menyesal dan hampir gila membaca smua artikel yg smuanya berkata TIDAK WAJIB!!! Astagfirulloh :(

    • Justru, kata Rasulullah, seorang mukmin itu tidak jatuh ke dalam lubang yang sama dua kali.

      Anda berzina karena pasangan (baca: pacar) anda juga penggemar zina. Kalau anda wajib menikahinya, maka sudah dosa zina, mesti menikahi pezina pula. Ini namanya tertimpa dua keburukan.

      Setiap muslimah yang hatinya bersih, atau sudah bertaubat ingin menjadi muslimah yang berhati bersih, tentu inginnya pasangan hidup yang benar, yang shalih. Bukan pezina, atau orang yang baru taubat dari zina (andaikan dia taubat). Carilah suami yang sudah mapan agamanya, bukan yang ‘baru merintis’. Jalin tali pernikahan yang suci, ciptakan keluarga yang baik, keluarga yang shalih.

      Adapun menikah dengan lelaki pezina, ia rendah di hadapan Allah Ta’ala (jika belum taubat), dan apa ada jaminan ia tidak berzina dengan wanita lain jika sudah menjadi suami anda?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s